Jumat, 25 November 2011

Model Pembelajaran

Agenda kegiatan MGMP IPA SMP Kab. Purworejo pada pertemuan ke-3 yaitu tentang model pembelajaran yang disampaikan oleh salah satu pemandu. Untuk kegiatan tersebut, kelompok kerja (Pokja 1 Biologi 8) menyusun tugas untuk dilakukan Peer Teaching dengan menggunakan model WORD SQUARE. Model WORD SQUARE ini memerlukan skenario sebagai berikut :

SKENARIO MODEL PEMBELAJARAN
WORDSQUARE

Media :
1.    Membuat kotak sesuai keperluan
2.    Membuat daftar istilah sesuai dengan Kompetensi Dasar yang diajarkan
3.    Membuat soal yang jawabannya adalah daftar istilah yang dibuat pada langkah ke-2

Langkah-langkah :
1.    Guru menyampaikan materi sesuai dengan Kompetensi Dasar yang diajarkan
2.    Membagi peserta didik dalam kelompok
3.    Guru membagikan lembar kerja siswa
4.    Peserta didik menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak (vertikal dan horizontal)
5.    Memberi poin setiap jawaban dalam kotak

Contoh Model WORD SQUARE yang kami buat adalah sebagai berikut :


LEMBAR KERJA SISWA

SK : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
KD : 1.1. Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

Petunjuk :
Carilah kata dengan menyusun huruf dalam tabel untuk menjawab pertanyaan dibawah ini.

  1. Pertumbuhan sekunder merupakan akibat dari aktivitas ....
  2. Pertumbuhan sebagai akibat aktivitas jaringan meristem apikal adalah pertumbuhan ....
  3. Munculnya ciri kedewasaan merupakan akhir tahap ....
  4. Pergiliran keturunan disebut juga dengan ....
  5. Faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan adalah .... dan ....
  6. Perkembangan pada hewan yang ditunjukkan dengan perubahan bentuk dari kecil hingga dewasa disebut .... dan hewan yang mengalaminya adalah ....
  7. Setelah tahap pupa adalah ....
  8. Salah satu alat perkembangbiakan pada tumbuhan paku dan lumut adalah ....
  9. Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah ...., ...., ...., ...., dan ....
  10. Tahap pembelahan sel sebelum blastula adalah ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar